Senin, 07 Maret 2016

PULAU SEMPU keindahan tersembunyi di kabupaten malang

Suara ombak sangat terdengar jelas pada waktu itu. Ombak yang di hiyasi pemandangan begitu indah dari kawasan pantai sendang biru. Sementara sang nahkoda kapal sedang sibuk mempersiapkan kapal yang akan kita naiki untuk menuju pulau sempu. Sebuah perahu nelayan yang mesin dan bentuknya  suda termodifikasi sedemikian rupa . pulau sempu sendiri terletak di selatan kabupaten malang dan terletak di pantai sendang biru. Sendang biru sendiri adalah sebuah dermaga untuk menuju pulau sempu. Disana banyak perahu yang siap untuk mengantar kita menuju pulau sempu. untuk pergi ke pulau sempu kita harus merogoh gocek sekitar 200 ribu. 100 ribu untuk membayar sewa perahu dan 100 untuk orang yang akan menemani kita dalam perjalan mengarungi pulai sempu.

pulau sempu sendiri adalah sebuah cagar alam yang memiliki luas sekitar 877 hektar di bawah kawasan balai konservasi sumberdaya alam (BKSDA). Setelah kita sampai ke pulau sempu. kita akan melanjutkan perjalan dengan jalan kaki untuk menuju segara anakan. Sebuah tempat yang konon katanya sangatlah indah. Perjalanan untuk menuju segara anakan bisa kita lalui sekitar 2 jam dengan jalan kaki tentunya dengan medan yang sangat tidak bersahabat. Kebetulan waktu saya kesana adalah waktu musim hujan sehingga membuat jalan sangat becek dan sulit untuk di lewati. Bagi kalian yang akan kesana saya anjurkan untuk memakai sepatu yang sudah di sediakan di kantor.
Setelah saya sampai di segara anakan saya sangat kecewa karna pulau sempu yang terkenal dengan keindahan alamnya kita berubah menjadi tumpukan sampah dan tumpukan manusia-manusia yang tidak bisa mencintai dan menjaga alam. Tempat yang seharusnya sepi kita menjadi lautan manusia dengan segala aktivitasnya

apalagi saat malam tiba ada beberapa kelompok yang dengan sengaja menyalakan musik memakai pengeras suara yang jelas sangat mengganggu ekosistem dan habitat yang ada disana. Yang saya lebih kecewa lagi karena pada saat itu ada petugas yang berjaga tapi tidak melakukan tindakan. khususnya pada sekumpulan orangyang dengan sengaja memutar musik dengan alat pengeras. Tempat yang begitu indah seharusnya di jaga dengan baik. Tapi bukan berarti saya menyarankan tempat yang begitu indah ini untuk di tutup melainkan harus diadakannya aturan yang sangat ketat terutama untuk pengunjung dan peralatan yang mereka bawa. Klo bisa apa yang mereka bawa harus di cek terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan menuju pulau sempu dan setelah pulangpun harus dilakuakn lagi pengecekan khususnya pada barang-barang yang mereka bawa terutama pada sampah makanan yang harus mereka bawa pulang kembali. Sekitar jam 9 pagi saya dan teman-teman saya memutuska untuk pulang. Tapi sebelum pulang saya dan teman-teman saya bersih-bersih sampah terlebih dahulu dan sangat banyak sekali sampah yang kita kumpulkan tapi sayangnya kita tidak bisa membawa pulang semua sampai yang berada di sagara anakan. Kita hanya bisa membawa pulang sebagian kecil yaitu sebanyak 2 plastik packing. Setelah sampai di post yang berada di sendang biru kita menceritakan kejadian malam hari dan banyak nya sampah yang berada di segara anakan dan dalam perjalanan pada petugas dengan membawa barang bukti 2 tumpuk sampah yang kita bawa dari pulau sempu. dan sayangnya petugas yang ada disana merespon kurang baik dengan apa yang kita sampaikan. Mereka terkesan seakan-akan tidak terjadi apa-apa dan hal itu sudah biasa. Untuk para pengunjung yang akan ke pulau sempu saya harap kalian tidak meninggalkan apapun selain sampah kalian dan tidak membawa apapun dari sana selain sampah. Mari kita bersama-sama menjaga kelestarin alam.

#salah satu keindahan dari pulau sempu